1

Berita dan Informasi

Pengukuran Arah Kiblat di MAN 1 Kota Pekalongan

Pekalongan, 27 Mei 2024 – Dalam mengarungi kehidupan sehari-hari, terkadang kita terlalu fokus pada urusan duniawi sehingga melupakan pentingnya menjaga koneksi spiritual dengan Sang Pencipta. Salah satu aspek penting dalam menjalankan ibadah dalam agama Islam adalah mengetahui arah kiblat, arah ke Makkah yang harus dihadapkan saat melaksanakan shalat. Namun, tidak semua orang memiliki akses atau pengetahuan yang memadai untuk mengukur arah kiblat dengan akurat. Itulah mengapa di MAN 1 Kota Pekalongan, Drs H. M. Muslih Husein, M.Ag, menginisiasi program “Sejuta Arah Kiblat”.

Sebagai seorang pendidik dan seorang Muslim yang taat, Drs H. M. Muslih Husein, M.Ag, menyadari pentingnya memastikan setiap Muslim dapat melaksanakan ibadah shalat dengan tepat dan khusyuk. Dalam program “Sejuta Arah Kiblat” ini, beliau bersama dengan timnya bertekad untuk memberikan akses kepada seluruh warga MAN 1 Kota Pekalongan untuk mengetahui arah kiblat dengan mudah dan akurat.

Melalui serangkaian kegiatan yang melibatkan siswa, guru, dan staf sekolah, program ini mengajak seluruh komunitas sekolah untuk turut berpartisipasi dalam membangun kesadaran akan pentingnya arah kiblat. Mulai dari sosialisasi tentang cara mengukur arah kiblat menggunakan teknologi modern hingga pelatihan praktis di lapangan, setiap langkah diarahkan untuk memastikan setiap individu dapat melakukan proses pengukuran dengan tepat.

Selain itu, Drs H. M. Muslih Husein, M.Ag, juga mengadakan sesi pelatihan bagi siswa-siswi MAN 1 Kota Pekalongan tentang pentingnya mengetahui dan menghormati arah kiblat dalam melaksanakan ibadah shalat. Metode yang digunan yaitu “Istiwa’ A’dham” dan “True North”, kedua metode tersebut memiliki Teknik pengukuran berbeda. Istiwa’ A’dham dalam arti menentukan arah Kiblat menggunakan bayangan matahari, True North menggunakan Kompas dan menentukan derajat kedudukan Ka’bah.

Drs H. M. Muslih Husein, M.Ag, dan timnya telah membuktikan bahwa dengan kepedulian, kerja keras, dan semangat yang tinggi, kita dapat membantu setiap individu dalam memperkuat praktek keagamaan mereka. Program “Sejuta Arah Kiblat” bukan hanya sekadar tentang mengukur arah fisik, tetapi juga tentang mengarahkan hati menuju Tuhan dengan lebih dalam dan penuh pengabdian. Semoga program ini menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk terus berkontribusi dalam memperkuat koneksi ibadah dalam kehidupan sehari-hari.

 Dokumentasi Kegiatan

Post A Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *