1

Berita dan Informasi

Juara Favorit dan Kostum Terunik dalam event Batik Night Carnival 2023 – Kota Pekalongan

Dalam rangka memperingati hari batik nasional, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kota Pekalongan menyelenggarakan Pekalongan Batik Night Carnival 2023 pada Sabtu, 28 Oktober 2023. Hari Batik, yang jatuh pada tanggal 2 Oktober, telah menjadi hari peringatan nasional di Indonesia sejak tahun 2009. Pekalongan, dengan kekayaan tradisi batiknya, memainkan peran yang sangat penting dalam merayakan warisan budaya ini. Man 1 Kota Pekalongan, salah satu sekolah menengah atas unggulan di kota ini, ikut serta dalam perayaan tersebut dengan cara yang luar biasa.

Acara tersebut berlokasi di depan musium batik Jetayu dan finish di depan gedung Mybank (Jl.Diponegoro) dihadiri Walikota, wakil walikota dan tamu undangan dan di ikuti oleh peserta yang dibagi dalam 5 kategori : SD-SMP-SMA-Umum-OPD. Dalam acara tersebut MAN 1 Kota Pekalongan Memperoleh 2 juara di kategori SMA.

  • Juara Favorit dengan tema “Ekspresi Akulturasi dalam Toleransi” yang di desain oleh Istu Aisa, S.Pd dan di kenakan oleh Laili Arofah dari kelas XII IPS 4 sebagai model.
  • Juara Kostum Terunik dengan tema “Kembalikan Kejayaan Minapolitan Kota Pekalongan” yang di desain oleh Hj. Endrawati Siniwi, S.Pd dan di kenakan oleh Siti Dewi Nur Aini dari kelas X-9 sebagai model.

Menurut Bapak Mimbar selaku Kepala MAN 1 Kota Pekalongan mengatakan “Partisipasi kami dalam karnaval Hari Batik ini adalah cara kami untuk merayakan kekayaan budaya Pekalongan dan mendorong para siswa kami untuk mencintai dan melestarikan warisan batik kita. Batik adalah bagian tak terpisahkan dari identitas Pekalongan, dan kami berkomitmen untuk menjaga tradisi ini tetap hidup.” Para peserta karnaval dari Man 1 Kota Pekalongan juga mengusung pesan penting tentang pentingnya melestarikan dan mempromosikan budaya batik kepada generasi muda. Dalam suasana yang meriah, mereka berbicara tentang sejarah batik, teknik pembuatannya, dan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap motif batik.

Perayaan Hari Batik di Pekalongan bukan hanya sekadar karnaval. Selama hari itu, berbagai kegiatan lain seperti pameran batik, workshop pembuatan batik, dan pertunjukan seni budaya digelar di berbagai lokasi di kota. Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk mendukung upaya pelestarian budaya batik dan untuk menginspirasi generasi muda agar terus mencintai dan menghargai warisan budaya Indonesia ini.

Dengan partisipasi yang luar biasa dalam karnaval Hari Batik, Man 1 Kota Pekalongan telah memberikan kontribusi yang berharga dalam mempromosikan dan melestarikan budaya batik yang kaya di Pekalongan. Semoga perayaan semacam ini terus berlanjut, dan semangat untuk melestarikan warisan budaya tetap terus berkobar di hati generasi muda Indonesia.

Post A Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *